Minggu, 20 Desember 2020

Pendampingan TBM di SKB Sinjai

TBM_D. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) tahun 2020 ini, kembali melaksanakan program penguatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Untuk wilayah Sulawesi- Selatan program berlangsung di Kabupaten Sinjai, dari 10 kabupaten/kota yang menerima program tahun ini.

TBM_D. Darmawan Denassa saat menfasilitasi
musyawarah pembentukan pengurus di TBM Massiddie,
SKB Sinjai (16.12.2020)

Pelaksanaan pendampingan berlangsung antara 14-23 Desember 2020, dimana Direktorat PMPK mengutus para pegiat literasi ke TBM SKB. Untuk pendamping di SKB Sinjai, PMPK menugaskan pendiri TBM Denassa, Darmawan Denassa untuk membantu penguatan TBM di sana.

"Salah satu desain yang kita rancang yakni menampilkan ikon-ikon Sinjai dalam TBM di SKB, yang dilengkapi dengan referensi dalam beragam media" ungkap Ketua Forum TBM Sulsel ini. Sehingga pengetahuan dan kepedulian warga tentang daerahnya bisa dipupuk dan dikembangkan di TBM, lanjutnya.

Tongke-tongke, taman purbakala Batu Pake Gojeng, Benteng Balangnipa, Karampuang, PPI Lappa, merupakan tempat-tempat iconik yang telah dikenal luas di Sinjai ikut dimaping Denassa bersama beberapa pihak dalam masa tugas ini. Terdapat pula beberapa objek wisata baru di Sinjai ikut di maping seperti Kampung Galung di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, sungai Bijje di Sinjai Selatan.

Untuk kemitraan juga mulai dibangun polanya di awali dengan kemitraan TBM SKB dengan TBM Aksara di Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe yang juga didukung Kelompok Tani Camara Terru'E, PKK Desa Kalobba, PKBM Padaidiq, dan Pemdes Kalobba dalam inisiasi Kampung Literasi Bukit Ompoe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar