Kamis, 14 April 2016

Tangga Buku

TBMD. Konsep taman baca yang diterapkan pada TBM Denassa di Rumah Hijau Denassa (RHD) oleh pendiri TBM  Darmawan Denassa salah satunya menyelamatkan alat-alat budaya dan tradisi lokal Makassar. Di TBM ini pengunjung bisa belajar alat tenun, gendang, lesung, konsep rumah dan lainnya. Bahan literasi untuk produk kebudayaan juga tersedia lengkap di taman baca dan Perpustakaan Denassa.
Tangga Buku di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Denassa, di kawasan
Konservasi Lingkungan Hidup Rumah Hijau Denassa (RHD)
tangga ini merupakan bagian dari konsep TBM yang didirikan Darmawan
Denassa ini.


Salah satu media yang dimanfaatkan sebagai tempat memasang koleksi yakni tangga. Tangga bekas ini berasal dari Tompotamang, desa Bontobiraeng Selatan yang diselamatkan Denassa setelah tidak digunakan lagi oleh warga sekitar delapan bulan.

Tangga ini menjadi unik dan menarik setalah dimanfaatkan sebagai Tangga Koleksi di TBM Denassa. Bersandar pada pohon Asam (Tamarin indicus) tangga dengan 11 anaknya ini menjadi salah satu daya tarim TBM Denassa. Lokasi penyimpanan tangga tidak berselisih jauh dari ruang baca, karena berada dekat area konservasi depan utara spot ini semakin pas dengan konsep TBM Denassa yang bertujuan mengoptimalkan peran RHD sebagai kawasan konservasi dan tempat belajar bersama (Alwiah Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar